1.
Pihak Internal :
karyawan, direksi, pemegang saham.
·
Karyawan
Pekerja merupakan sumber daya organisasi. Jika
karyawan dan manajer mempunyai tujuan
dan maksud tertentu yang sama maka organisasi akan berjalan dengan
efektif dan tercapainya tujuan persuhaan.
·
Dewan Komisaris
Komisaris diciptakan mewakili kepentingan pemegang
saham. Tugas pokok komisaris adalah mengawasi manajemen, memastikan manajemen
bekerja untuk mencapai tujuan organisasi.
·
Pemegang Saham
Pemegang
saham memberikan modal ke perusahaan dalam bentuk penyertaan. Dengan demikian
mereka mempunyai hak dan kewajiban. Hak mereka antara lain berbagi keuntungan.
Dan kewajiban mereka antara lain menanggung resiko perusahaan mau rugi ataupun
laba.
Pihak
Eksternal : Elemen-elemen di luar organisasi yang relevan tehadap kegiatan organisasi.
·
Konsumen
Seseorang yang membeli produk yang dijua; oleh
organisasi agar kebutuhannnya terpenuhi . Perusahaan harus dapat memenuhi
kebutuhan konsumen agar mendapat laba yang diinginkan .
·
Pemasok
Pemasok merupakan pihak yang memberikan input ke
perusahaan. Dapat berupa bahan baku, bahan setengah jadi, informasi, atau jasa
yang diperlukan organisasi. Pemasok sangat penting karena itu input untuk
membuat barang yang diinginkan perusahaan.
·
Pesaing
Pesaing adalah orang yang menjual produk atau barang
lainnya yang sama dengan perusahaan yang kita jual.
·
Pemerintah
Pemerintah
mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan organisasi. Pemerintah
memastikan aturan berjalan dengan semestinya. Pemerintah juga akan mengeluarkan
aturan-aturan perundangan yang akan mempengaruhi kehidupan organisasi untuk
mencapai tujuan .
·
Lembaga Keuangan
Perusahaan akan tergantung pada lembaga keuangan
karena Lembaga keuangan memberikan input modal keuangan. Lembaga keuangan juga
menjadi perantara bagi organisasi kepasar keuangan. Pasar keuangan akan
memperlancar aliran dana dari pihak surplus dana ke pihak yang membutuhkan dana
atau defisit dana.
2.
Etika Bisnis
adalah : cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang
berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam
suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta
pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra
kerja, pemegang saham, masyarakat.
Corporate social responsibility (CSR) adalah suatu mekanisme perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi dan interaksinya dengan stakeholder, yang melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.
3.
Ciri-Ciri Bentuk Usaha
:
·
Perusahaan Perseorangan
atau Individu :
a.
Relatif mudah didirikan
dan juga dibubarkan
b.
Tanggung jawab tidak
terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi.
c.
Tidak ada pajak,yang
ada adalah pungutan dan retribusi
d.
Seluruh keuntungan
dinikmati sendiri
e.
Sulit mengatur roda
perusahaan karena diatur sendiri
·
Perusahaan Persekutuan
a.
Ciri-ciri Firma
o Para
sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan
o Tanggung
jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi
o Mudah
mendapatkan kredit pinjaman
o Ada
anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif
o Relatif
mudah untuk didirikan
o Kelangsungan
hidup perusahaan cv tidak menentu.
·
Perseroan Terbatas/PT/Korporasi/Korporat
a.
Kewajiban terbatas pada
modal tanpa melibatkan harta pribadi
b.
Modal dan ukuran
perusahaan besar
c.
Kelangsungan hidup
perusahaan PT ada di tangan pemilik saham.
d.
Dapat dipimpin oleh
orang yang tidak memiliki bagian saham.
e.
Kepemilikan mudah
berpindah tangan
f.
mudah mencari tenaga
kerja untuk karyawan/pegawai
g.
keuntungan dibagikan
kepada pemilik modal/saham dalam bentuk dividen
h.
pajak berganda pada
pajak penghasilan / pph dan pajak dividen
4.
Conceptual Skills
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan
manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang
lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi pemahaman tentang kerjasama
setiap unit kerja dalam organisasi beserta pemahaman tentang ketergantungan
satu unit kerja dengan unit kerja lainnya,perubahan pada suatu unit kerja juga
akan mempengaruhi unit kerja atau bagian lainnya. Keterampilan ini meliputi
pemahaman tentang hubungan antar institusi,industri dan masyarakat serta
pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik,sosial dan kondisi ekonomi
suatu negara terhadap bisnis perusahaannya.Dengan pemahaman-pemahaman tersebut,
seorang manajer tingkat tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi
bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan
organisasinya
Humanity
Skills
Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di perusahaan.
Technical Skills
Keterampilan Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain sebagainya. Keterampilan Teknik ini merupakan keterampilan yang penting bagi manajer di tingkat pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki oleh manajemen tingkat atas.
5.
Perseroan Komanditer
(CV)
Perusahaan Perseorangan
Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan Terbatas (PT)
6.
Setelah saya melakukan
pengamatan di salah satu tempat usaha makanan yang terdapat pada tempat tinggal
saya. Makanan yang di hasilkan enak dengan harga yang terjangkau dengan
pelayanan yang cepat dan ramah dan tempatnya juga strategis. Tetapi tempat
usaha ini memiliki kekurangan dari segi fasilitas yang di sediakan seperti
lahan parkir. Dan di jaman seperti ini tempat usaha tersebut masih belum
menyediakan pelayanan online melalui aplikasi seperti gofood.
#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart
Tidak ada komentar:
Posting Komentar