Kamis, 07 Mei 2020

Bisnis Internasional

Nama : OCSA NURDIYAN AMIRANTI
Prodi : MANAJEMEN (B)
NIM : 01219106
DOSEN : Ibu Hj.I.G.A Aju Nitya Dharmani S.ST,SE,MM





1.      Kegiatan pemasaran dalam bisnis internasional, mulai dari menilai dan menganalisis pasar, memasarkan secara internasional, sampai melakukan kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu jelaskan hal-hal apa saja yang menurut anda harus dilakukan, khususnya terkait dengan akspek pemasaran, agar misi bisnis organisasi sukses ?

4 Aspek Pemasaran agar misi bisnis organisasi sukses

Ø  Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi

Ø  Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan

Anda dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan Anda berikan kepada konsumen.

Ø  Analisa Pesaing

Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum Anda.

Ø  Promosi

Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasive.


2.  Pelaku pasar di negara maju memandang produk dari negara sedang berkembang sebagai produk berkualitas rendah. Strategi apa yang dapat digunakan untuk menjual produk-produk buatan negara sedang berkembang dengan negara maju dengan sukses ? 

Strategi untuk memasarkan produk dari negara maju terhadap negara berkembang

Ø  Mempersiapkan Produk Berstandar Nasional dan Internasional.

Ø  Perluas Jaringan Anda dengan Pemasaran Aktif di Dunia Online.

Ø  Ikuti pameran lokal dan luar negeri.

Ø  Anda harus memiliki Barometer Produk Sejenis.

Ø  Sosialisasikan produk Anda ke industri sesuai dengan target audiens atau segmen pasar Anda.


3.  Apa yang anda pahami dan apa manfaat dari misi sosial atau dalam istilah asing dikenal dengan  CSR (Corporate Sosial Responsibility) bagi perkembangan perusahaan di masa yang akan datang ?

Menurut saya CSR adalah Program wajib yang dimiliki perusahaan level menengah hingga besar sebagai bentuk kontribusi pada negara dan masyarakat dalam hal sosial dan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

CSR sendiri biasanya berbentuk pada bantuan dana untuk Pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan, beasiswa pelajar dsb.

Berikut penjelasan mengenai manfaat CSR untuk perusahaan :

·        Manfaat untuk Perusahaan

Jika dirancang dengan baik, pelaksanaan program CSR bisa memberikan manfaat kepada perusahaan, baik secara langsung maupun tidak sebagai berikut.

Ø   Memperluas Akses terhadap Sumber Daya

Daya saing perusahaan akan meningkat sehingga akses untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk aktivitas produksi menjadi lebih luas.

Ø  Memperluas Akses terhadap Pasar

Biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan program CSR akan kembali ke perusahaan dalam bentuk peluang mendapatkan pasar yang lebih luas dan membangun loyalitas konsumen karena perusahaan akan dikenal masyarakat dengan citra yang baik.

Ø  Mengurangi Pengeluaran.

Sebagai contoh, biaya produksi dapat dihemat dengan melaksanakan program CSR berupa daur ulang.

Ø  Mendapatkan Penghargaan.

penghargaan akan berdampak pada banyak hal yang akan menaikkan produktivitas dan keuntungan. Program CSR akan menciptakan peluang untuk mendapatkan penghargaan yang memberikan manfaat positif.



Pelaksanaan CSR selalu terkait dengan tiga elemen dasar, yaitu profit (keuntungan), people (masyarakat), dan planet (planet bumi). Dalam konteks global, sebuah perusahaan yang berkomitmen menjalankan program CSR berarti telah mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

#bangganarotama 
#missmanagement 
#narotamajaya 
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart




Tidak ada komentar:

Posting Komentar