Prodi : MANAJEMEN (B)
NIM : 01219106
DOSEN : Ibu Hj.I.G.A Aju Nitya Dharmani S.ST,SE,MM
1.
Kegiatan pemasaran dalam bisnis
internasional, mulai dari menilai dan menganalisis pasar, memasarkan secara
internasional, sampai melakukan kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu jelaskan
hal-hal apa saja yang menurut anda harus dilakukan, khususnya terkait dengan
akspek pemasaran, agar misi bisnis organisasi sukses ?
4 Aspek Pemasaran agar misi bisnis organisasi sukses
Ø Segmentasi
Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi
Ø Analisa
Pasar dan Peramalan Permintaan
Anda dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan Anda berikan kepada konsumen.
Ø Analisa
Pesaing
Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum Anda.
Ø Promosi
Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasive.
2. Pelaku pasar di negara maju memandang
produk dari negara sedang berkembang sebagai produk berkualitas rendah.
Strategi apa yang dapat digunakan untuk menjual produk-produk buatan negara
sedang berkembang dengan negara maju dengan sukses ?
Strategi untuk memasarkan produk dari negara maju terhadap negara berkembang
Strategi untuk memasarkan produk dari negara maju terhadap negara berkembang
Ø Mempersiapkan
Produk Berstandar Nasional dan Internasional.
Ø Perluas
Jaringan Anda dengan Pemasaran Aktif di Dunia Online.
Ø Ikuti
pameran lokal dan luar negeri.
Ø Anda
harus memiliki Barometer Produk Sejenis.
Ø Sosialisasikan
produk Anda ke industri sesuai dengan target audiens atau segmen pasar Anda.
3. Apa yang anda pahami dan apa manfaat
dari misi sosial atau dalam istilah asing dikenal dengan CSR (Corporate Sosial Responsibility) bagi
perkembangan perusahaan di masa yang akan datang ?
Menurut saya CSR adalah Program wajib yang dimiliki perusahaan level menengah hingga besar sebagai bentuk kontribusi pada negara dan masyarakat dalam hal sosial dan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.
CSR sendiri biasanya berbentuk pada bantuan dana untuk Pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan, beasiswa pelajar dsb.
Berikut penjelasan mengenai manfaat CSR untuk perusahaan :
·
Manfaat untuk Perusahaan
Jika dirancang dengan baik, pelaksanaan program CSR bisa memberikan manfaat kepada perusahaan, baik secara langsung maupun tidak sebagai berikut.
Ø Memperluas Akses terhadap Sumber Daya
Daya
saing perusahaan akan meningkat sehingga akses untuk mendapatkan sumber daya
yang dibutuhkan untuk aktivitas produksi menjadi lebih luas.
Ø Memperluas
Akses terhadap Pasar
Biaya
yang dikeluarkan untuk melaksanakan program CSR akan kembali ke perusahaan
dalam bentuk peluang mendapatkan pasar yang lebih luas dan membangun loyalitas
konsumen karena perusahaan akan dikenal masyarakat dengan citra yang baik.
Ø Mengurangi
Pengeluaran.
Sebagai
contoh, biaya produksi dapat dihemat dengan melaksanakan program CSR berupa
daur ulang.
Ø Mendapatkan
Penghargaan.
penghargaan
akan berdampak pada banyak hal yang akan menaikkan produktivitas dan
keuntungan. Program CSR akan menciptakan peluang untuk mendapatkan penghargaan
yang memberikan manfaat positif.
Pelaksanaan
CSR selalu terkait dengan tiga elemen dasar, yaitu profit (keuntungan), people
(masyarakat), dan planet (planet bumi). Dalam konteks global, sebuah perusahaan
yang berkomitmen menjalankan program CSR berarti telah mendukung terwujudnya
pembangunan berkelanjutan.
#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart
Tidak ada komentar:
Posting Komentar